Modul 1 : Pengenalan Aplikasi Ptolemy II
- Pengertian Ptolemy II
Ptolemy II merupakan software framework open-source yang mendukung eksperimen berdasarkan desain berorientasi aktor. Aktor yang dimaksud merupakan komponen software yang mengeksekusi dan berkomunikasi melalui pesan yang dikirim dengan port interconnected. Pada Ptolemy II, semantik dari model tidak ditentukan oleh framework, melainkan komponen software didalam model yang disebut director dengan mengimplementasikan sebuah model komputasi.
Ptolemy project telah mengembangkan director yang mendukung process networks (PN), discrete-event (DE), dataflow (SDF), synchronous/reactive (SR), rendezvous-based models, 3-D visualization, dan continuous-time models. Setiap level hierarki pada model dapat memiliki director tersendiri.
- Sejarah Ptolemy II
Ptolemy II telah dikembangkan sejak tahun 1996. Ptolemy II merupakan penerus dari Ptolemy classic yang telah dikembangkan sejak tahun 1990. Inti dari Ptolemy II merupakan kumpulan Java class dan packages yang berlapis untuk menyediakan kapabilitas spesifik yang semakin bertambah. Kernel yang ada mendukung sintaks abstrak, sebuah struktur hierarki dari entitas dengan port dan interkoneksi. Grafik editor bernama Vergil mendukung visual editing dari sintaks abstrak diatas. XML sintaks konkret bernama MoML menyediakan format file untuk digunakan model.
Modul 2 : Installasi Ptolemy II
Installasi pada Windows
- Untuk memulai installasi Ptolemy II pada Windows, pertama-tama buka situs Ptolemy
http://ptolemy.eecs.berkeley.edu/index.htm - Pilih tulisan download pada kanan page yang terbuka
- Pilih Ptolemy II seperti gambar diatas
- Selanjutnya pilih Ptolemy II seperti gambar diatas
- Pilih installer sesuai operating system yang dimiliki
- Pilih lokasi untuk menyimpan file installer Ptolemy II
- Setelah itu, double klik aplikasi Ptolemy II yang telah di download
- Ikuti panduan installasi yang disediakan
- Pilih lokasi installasi Ptolemy II
- Selanjutnya pilih paket yang ingin diinstal
- Konfirmasi untuk installasi Ptolemy II
- Tunggu sampai proses installasi selesai
- Setelah itu muncul pilihan untuk pembuatan shortcut
- Ptolemy II siap digunakan
Modul 3 : Contoh Penggunaan Ptolemy II
Pada contoh ini akan dijelasakan cara penggunaan vergil. Kasus yang dipakai adalah pembuatan model grafik “Hello World”.
- Langkah pertama dalam menggunakan Ptolemy II yaitu menjalankan vergil.
- Pada menu file, pilih new -> graph editor
- Lalu akan terbuka windows seperti gambar dibawah
- Dari library component, drag & drop SDF Director, Ramp actor dari actor library (sources), dan Display actor dari actor library (sink)
- Pada ramp actor, klik kanan pan pilih customize -> configure
- Pada bagian value, isi dengan Hello World dan klik commit
- Tekan tombol play pada graph editor dan eksekusi Hello World berhasil dilakukan
Leave a Reply